Hari Yang Penuh Anugerah


"kemarin adalah sejarah, Esok adalah misteri, hari ini adalah anugerah" (oogway master of kungfu, kungfu panda)

13 April 2013

Setelah tidur yang kurang cukup karena semalaman begadang revisi skripsi, pagi itu aku terbangun terburu-buru karena waktu sudah menunjukan dekat dengan subuh, masih bisa sedikit menikmati ibadah malam, pagiitu tak sama seperti biasanya, humaira sangat ramai… beberapa sibuk akan menuju JEC untuk even besar Waroeng Expo disana, sementara aku belum bisa kesana,karena aku harus membantu recruitment tahsin di fosda masjid mardliyyah…seharian itu aku berjaga dari mulai mengikuti kajian ustad talqis, sampai jam15.00 ketika peserta sudah tidak ada lagi yang hadir untuk tes. Lalu akupunmenuju rumah…

Lapar… tapi tak ada yang bisa kumakan, akhirnya kuhabiskan sisa-sisa bihun masakan mba devi pagi itu yang telah mengeras, daripada mubazir…. Setelah ashar aku langsung go to the JEC, dengan berbekal motor yang ditempeli stiker parker gratis, jadi masuk gak usah bayar…
Karena sebelumnya aku gak tau ditempatin dimana, akibat niat awal tanggal 9-15 aku Akan ke Jakarta untuk penelitian skripsiku yang baru mulai kugarap awal april ini. Akhirnya aku pun berjaga di pintu masuk tiket,memasukan tiket kedalam kotak undian, dan juga mencap tangan akhwat yang masukkedalam.

Seru… tapi cape, dan agak sedikit tengleng…
Semua berjalan dengan baik sampai malam hari, jam 10.30 sampai kajian ustad YM, pembagian Al-qur'an gratis

Hujan deras membasahi kota Yogyakarta, aku bersama yuyung menerobos kota Yogyakarta, tanpa mantel, dan tanpa lampu motor, dengan perlahanyang penting selamat… sesampainya dirumah aku tidak bisa tidur, kunyalakan mp3murattal al-qur’an surat al-baqarahku, lalu sambil mendengarkan tiba-tiba aku tertidur…..

14 april 2013


Pagi itu kulihat baterei hpku low sementara itu banyak sekali pesan masuk yang belum aku balas, masih jam 04.00 aku langsung bangun dan bersiap-siap, setelah selesai shalat subuh mengobrol sebentar dengan aisyah, berbincang adik GMMQ aku suruh datang ke mardliyyah karena aku masih akan membantu untuk placement tes tahsin sampai jam 15.00 lagi hari itu, tapi jam 07.00 tiba-tiba aku ketiduran, mungkin karena kecapaian, dan bangun jam 8.30, seharusnya aku sudah ada di mardliyyah jam 08.00.. ak langsung pergi dan sampai jam 08.37

tiba-tiba datang serombongan adik GMMQ sudah 3 pekan aku tak bertemu mereka,karena sakit, lalu aku ke wisuda akbar, lalu gmmq libur mid, maka merekatersenyum dan bersemangat menyetorkan hafalan mereka,…

Ah…apalah jadinya aku jika mengeluh merasakan lelah, saat kulihat senyum mereka yang semangat menghafal dan menyetorkan hafalannya, dan tak tanggung-tanggung mereka menyetorkan seperempat juz yang sudah dihafalkan selama satu bulan, ada juga yang menyetorkan 1 surat, ada juga yang 5 surat dijuz 29 dan 30, ada juga yang mengulang hafalan..

Tapi memang agak sedikit kasihan peserta tahsin yang mendaftar menunggu aku selesai menerima setoran 1 anak, lalu aku mengurus peserta tahsin, setelah itu kembali lagi mengurus adik-adik GMMQ, aku hanya bisa tersenyum, tanpa kusdari semua selesai dan panitia tahsin yang tersisa tinggal aku sementara masih ada sekitar 8 anak yang belum placement tes, akhirnya akutes… ketika shalat dzuhur tanpa sadar aku berkeringat dingin, apa yang terjadi,ternyata tanpa sadar aku lupa, aku belum makan, hanya sepotong tempe yangkucomot dari meja makan humaira pagi itu saat mba devi menggorengnya,selebihnya aku belum makan… pantas saja ketika berdiri dari sujud akusempoyongan tidak karuan, Alhamdulillah setelah dzuhur ada sedikit makanan yang datang,

Hujan deras…
Peserta yang datang setelah dzuhur hanya sedikit hanya 4orang saja, setelah itu karena kelas akan dipakai untuk kuliah, lalu aku berpindah ke ruang utama masjid yang bagian akhwat dan aku menerima sms ( ini bagian gelinya)
“mba masih ada peserta yang datang?” ujarnya
“sudah gak ada, kalo mau datang di masjid ya” jawabku, akupikir yang sms peserta yang mau placement tes, tiba-tiba datang…
“mba udah gada yang tes???” tanyanya, iffah teman seasrama sekaligus pemandu di sini
“ehhhh kamu po yg sms??” -.-“ “aku pikir yang sms itu peserta tahsin yang mau mendaftar” jawabku lagi, padahal aku nungguin sambil makan,

Sambil menunggu hujan reda kami mengobrol seru,,, karena hujan yang tiba-tiba hujan, lalu berhenti, hujan lagi, berhenti lagi…
Aku tersenyum…

Sore itu aku harusnya mengajar di shelter kaliadem dimerapi, tetapi tidak jadi kesana karena temen yang boncengin ngibrit duluannhahaha (si aisyah)… padahal udah kangen banget sama adik-adik merapi….

Malamnya… giliran piket ngajar sama dira ke rumah tahfidzanak-anak,,, di ruang tamu sambil murajaah tiba-tiba
“assalamualaikum” suara cowok…
“dir… lo denger gak ada yang salam…” tanyaku…
“ahhh nggak mba” dira menjawab mukanya pucat,,,
Tapi aku yakiin ada yang salam kok ya…

Kubuka pintu dan….
Tamunya melonjak kaget, aku menjerit karena persis dia maumengetuk aku membuka pintu… jadi aja sama-sama kaget, yang aneh si dira malahsujud hahhahaha….
“mba mau ambil sepedanya mba ayu…” ujanya…

Aku masuk kedalam lalu bilang ke yuyung
“yung urusin tuh tamu didepan kita mau piket ngajar…”

Dijalan kerumah tahfidz anak-anak aku dan dira tertawa,mengingat kejadiann tadi,,

sesampainya di rumah tahfidz
“mbaaa liburrr kita, ada UAN, anak-anaknya pada belajarkelompok” ujar mereka, teriak dan senyum kepada aku dan dira,,, “ya udaaahhhkita pulang aja yah dekkk” ujar kita

Kita lalu ngibrit ke haris, si dira beli roti aku beli icecream, gila aja malam-malam yang gue cari ice cream…
Didepan rumah

Ketawa sambil makan ice cream, pas masuk temen-temen kaget
“looohh??? Kok gak ngajar???”
“ohhh libur-libur… UAN” jawabku…
“ya tetep ngajar yang lain mba” kata mereka (iffah dan puji)
“anak-anaknya pada santai-santai gak belajar karena libur…”^^ “jadi kita pulang aja, drpd cengo disana”


15 april 2013

Saat akan pergi kekampus…
Aku melihat adik-adik rumah tahfidz ikhwan sedang berlariandi halaman masjid nurash, bermain bola, seneng kali ya kalo libur UAN, ak jdberfikir dulu waktu aku sd juga suka banget waktu libur, biasanya aku pakemainan rumah-rumahan, masak-masakan, kelereng, dengklek gabrug, moro layangan,manjat pohon… masa-masa yang indah…

Tanpa kusadari 2 bulan lagi kita akan pindah,, dan aku yakinsetelah tua nanti aka nada masa-masa yang akan kita kenang bersama… masa-masayang indah di rumah tahfidz humaiira…

Ada lagi adegan lucu si puji nih
“wahhh mba rida udah gak lajang lagi…. Alhamdulillah..”
Akhirnya bidadari itu menikah dengan seseorang… dan hanyatari saja yang bisa hadir kesana…

Sungguh perjalanan hidup itu seperti namaku… unik, penuhkeindahan, penuh misteri, kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi… tapi akumerasa bersyukur atas bertemunya aku dengan keluarga Allah ini, di RTH, diKampus UGM, di Mardliyyah, Di UMY, di Merapi, dimanapun berada…


berkurangnya personil juga membuat dampak besar, jadi kerasa lebih sepi rumahnya... :)



Komentar

Postingan Populer