Manajemen keuangan online shop part 1


Awal-awalnya saya gapernah bikin pembukuan keuangan, pas akhir bulan merasa aneh kok bisa ya saya jualan banyak barang tapi sisa uang di atm dikit, ternyata ada yang salah dari manajemen keuangan online shop saya

Tapi sejak desember saya memberlakukan sistem catatan dan tutup buku keuangan supaya terlihat hasilnya dan per januari ini saya memisahkan rek keuntungan dengan rek penjualan

Kalo untuk penjualan saya biasanya menggunakan rek mandiri, sementara untuk laba saya transfer ke bri syari'ah, biasanya laba saya kirimkan per minggu ke rek laba dan rek laba itu menjadi rek tabungan tidak boleh di ganggu gugat penggunaannya

Permasalahan yang lain adalah, masih bersatunya rek jajan dan rek online shop penjualan, itu masalah besar bagi saya karena modal dan uang bulanan dari suami bercampur tapi mulai Bulan februari ini semua uang penjualan ada di mandiri, sedangkan untuk uang jajan dipisahkan ke rek mandiri suami,

Manajemen pemisahan keuangan ini penting, alasannya kita tak bisa mencampur2kan uang bisnis dan uang pribadi karena berbagai alasan, apalagi kalo bukan karena godaan pencampuran pemakaian uang?

Setelah dipisah jadi terlihat laba keuntungan per bulannya berapa itu memudahkan kita untuk menghitung dan memutar kembali uang modal dan hasil penjualan, selain itu jika laba dipisah kita jadi tau berapa hak2 orang tidak mampu yang akan disisihkan perbulannya... 

Semoga bermanfaat
Artikel by unik karlita
Jakarta, 07-02-2017

Komentar

Postingan Populer