Cerita sehari hari part 2

Cerita sehari hari part 2

Ceritanya saya pergi ke UI dan makan bakso rudal UI kemarin lusa

Pas balik ke stasiun UI ada ibu-ibu yang menyapa saya

Ibunya baru liat saya narik uang d atm 50rb

Ibu : mba boleh minta tolong gak?
Ujarnya padahal tdnya saya sudah mau masuk stasiun UI
Saya : kenapa ya bu? Tanya saya
Ibu : gini mba jangan takut ya ujarnya, saya kehabisan uang dan mau ke rs harapan kita
Saya : mbatin (oh mungkin ibunya mo minta saya beliin tiket commuterline gapapa deh) saya merogoh tas mencari e money saya yang masih bersaldo
Ibu : melihat saya mengeluarkan kartu kemudian berkata " mba saya mau minta uang 62rb buat ke sana ya"
Saya : euung mikir kemudian bilang... Bu bukan saya ga mau bantu tapi kalo 62rb saya gada... (Emang cuman ad 50rb jd ga bohong) tp it uang buat beli kardus kado
Saya lanjutkan
Saya bantuin telpon saudaranya aja ya gimana? Biar jemput ibu kesini
Ibu : agak gugup, dan bilang gausah mba... Ujarnya kemudian berbalik membelakangiku
Saya : akhirnya saya masuk peron

Dr dalam peron saya amati
Ternyata ibunya mintain uang ke setiap yang lewat... Mahasiswa, bapak2, ibu2 semuanya dimintain saya jadi ragu kalo beliau bener2 minta untuk ke rs harkit beberapa mahasiswa yang iba saya lihat memberikan uang antara 10-20rb dan ada juga bapak2 yang memberikan 50rb tapi sang ibu belum beranjak pergi juga...

Ketika perjalanan pulang saya pun kembali jalan kaki dr stasiun kalibata menuju kalcit

Setiap sore di depan kalcit kita akan melihat gerobak yang isinya botol bekas dan sang ibu sambil menggendong dua anaknya giat mengumpulkan botol bekas di kalcit

Saya kembali berdiskusi sepulang makan bakso

Saya : menyapa si ibu "dapet berapa kilo bu?"
Ibu : lumayan lah mba... Bisa buat makan dua hari ujarnya senyum... Dan beli susu kental manis juga
Saya : biasanya dua hari dapet berapa bu?
Ibu : dapet 35-50rb mba tp kadang kalo lagi banyak botol bekas acara bisa sampe 85rb alhamdulillah
Sang anak perempuan menatap saya bajunya sangat lusuh
Saya mendingan begini daripada minta-minta, agama kan ga ngajarin buat minta tapi ngajarin buat kerja keras...

Sang ibu mendorong gerobaknya dan pulang, (biasanya dia sm suaminya tapi suaminya waktu kemarin ga ikut)

disatu sisi ada yang meminta-minta dengan cara menipu untuk mengatasi kemisikinan

Disisi lain ada yang bekerja keras untuk mengatasi kemiskinan yang penting bisa makan..
Inilah potret dunia...

Maka masih pantaskah kita mengeluh? Jika sudah diberikan banyak nikmat oleh yang diatas

Komentar

Postingan Populer