Operasi Caesar



17 November 2015
Operasi  caesar

Dua hari lagi si abang akan lahir kedunia, do’akan ya semuanya agar proses kelahiran si abang lancar dan saya serta si abang sehat. Tidak pernah terlintas awalnya akan melahirkan secara operasi tapi yasudahlah semuanya dilakukan demi si abang bayi karena terdapat beberapa indikasi medis.
Awalnya saya sangat berharap bisa melahirkan secara normal karena mama dan mertua saya keduanya sama-sama memiliki 3 anak dan bilang lahiran normal itu lebih enak dan mudah sebab setelah lahiran dua jam kemudian sudah bisa jalan-jalan lagi bahkan sudah bisa menggendong si bayi.
Melahirkan secara caesar memang tidak sakit, tetapi sakitnya pada saat proses penyembuhan setelah operasi biasanya memakan waktu mingguan minimal 3 minggu dan maksimal 6 minggu. Tapi itu semua juga tergantung ibunya karena aku melihat juga ada seorang ibu yang 9 hari pasca caesar sudah bisa jalan-jalan dengan santai. Jadi semuanya tergantung dari kondisi ibunya makanya disarankan sebelum operasi semua nutrisi dan gizi terjamin dan jangan sampai stress juga jangan sampai sakit karena akan mengakibatkan proses pemulihan terhambat.
Tetapi sekarang proses caesar sudah semakin banyak dilakukan di indonesia ini jadi saya merasa tidak perlu merasakan khawatir, saya hanya bisa berdo’a dan berharap agar prosesnya lancar. Oh iya alasan saya operasi caesar sebenarnya karena si abang itu awalnya usia 32 minggu posisi kepala sudah dibawah, tapi pada saat usia 33 minggu si abang posisinya keatas lagi mungkin dia masih berputar-putar tapi ternyata dia terlilit tali placenta sehingga tidak mampu kembali ke posisi normal. Memang sih si abang didalam perut uyek-uyekan terus ga mau diem hehe... jadi ya sudahlah semoga dedek bayi ini sehat selalu didalam sana...
Segala cara juga sudah dilakukan dari mulai senam hamil, berenang, jalan setiap pagi dan sore, serta sujud nungging sehari 3-5 kali, bahkansetiap hari diajak komunikasi dengan cara diajak berbicara tetapi memang kondisinya kurang oke... dan karena panggul rahim saya belum teruji untuk melahirkan karena ini anak pertama maka dokter menyarankan untuk dilakuka operasi caesar saja.
Btw si abang usianya sudah 38 weeks saat akan dioperasi besok dan juga minggu lalu saat dioperasi sudah terdeteksi beratnya 3,1kg entahlah minggu ini pada saat 19 november 2015 nanti beratnya berapa hehe... yang pasti ini tinggal sehari untuk bisa makan banyak waktunya...
Mohon do’anya agar bayi kami sehat ya saat dilahirkan.... aamiin ya Rabb

Unik karlita dan Ridwan budiman
Jakarta 17 November 2015
Jam 23.34 Kalibata


Komentar

Postingan Populer